Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Perbedaan kecemasan mahasiswa Universitas Negeri Malang menyusun skripsi ditinjau dari pola asuh orang tua / Tajwidatul Hijaziyah

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : Rs 152.46 HIJ p

Universitas Negeri Malang. Program Studi Psikologi 2019
 

ABSTRAK

Hijaziyah, Tajwidatul. 2018. Perbedaan Kecemasan pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang Menyusun Skripsi Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nur Eva,S.Psi., M.Psi (II) Farah Farida Tantiani S.Psi., M.Psi.


Kata Kunci: kecemasan, pola asuh orang tua.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecemasan pada mahasiswa Universitas Negeri Malang yang menyusun skripsi ditinjau dari pola asuh orang tua. Selain itu penelitian ini juga untuk menggambarkan tingkat kecemasan mahasisswa yang menyusun skripsi di universitas negeri malang.
Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu skala kecemasan dan skala pola asuh orangtua. Skala kecemasan disusun peneliti berdasarkan aspek kecemasan Clark(2010) dan skala pola asuh orangtua mengggunakan Parental Authority Questionare(PAQ) oleh Buri(1991). Berdasarkan uji reliabilitas alpha cronbach didapatkan nilai p dari skala kecemasan 0,885 dan skala pola asuh orang tua 0,956 , dimana p>0,05 yang berarti skala tersebut layak digunakan.
Penelitian kuantitatif berjenis deskriptif komparatif dengan analisis varians satu jalur(one way anova).Hasil analisis deskriptif menunjukkan kecemasan kategori sangat tinggi sebanyak 11 orang (9,24%), kategori tinggi 41 orang (34,25%), kategori cukup 28 orang (25,53%), kategori rendah 33 orang (23,53) dan kategori sangat rendah 6 orang (5,04%). Analisis varian satu jalur menunjukkan nilai p=0,000< 0,05, yang berarti terdapat perbedaan kecemasan pada mahasiswa yang menyusun skripsi yang menerima pola asuh permisif, otoriter dan demokratis.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan yaitu terdapat perbedaan kecemasan pada mahasiswa yang menyusun skripsi apabila ditinjau dari pola asuh orang tua. Mahasiswa yang menerima pola asuh permisif dan otoriter memiliki kecemasan yang lebih tinggi selama proses menyusun skripsi daripada mahasiswa yang menerima pola asuh demokratis. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan agar dapat melakukan penelitian dengan metode kualitatif sehingga dapat menggali informasi tentang keterkaitan pola asuh dan kecemasan lebih mendalam dan menyeluruh.

 

Karya yang terkait

Coping strategies for public speaking anxiety: the case of successful EFL Learners in Indonesia / Rosmala Adi Wijayanti

pengaruh computer anxiety dan prestasi belajar mata kuliah pengantar akuntansi terhadap penguasaan komputer akuntansi (MYOB accounting) pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang / Praptiwi Suryaning Tias

Penerapan metode role playing untuk mengurangi kecemasan matematika (math anxiety) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gondangwetan / Cahya Mar'a Saliha Sumantri

Mathematics students' speaking anxiety in bilingual class at Universitas Negeri Malang / Choirun Nillah

Foreign language writing anxiety and writing quality / Ariana Ayu Zavanty

Student's gender, anxiety, and speaking performance in the Indonesian EFL context / Wahyu Kartika Wienanda

Students' foreign language anxiety in speaking English / Etania Adisi Agustin

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang