Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Hubungan antara kemampuan berargumentasi dan pemahaman konsep siswa SMA dalam konteks socioscientific issues larutan penyangga dan hidrolisis garam / Elvi Nur Lailatus Sa'adah

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : Rt 541.34076 SAA h

Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Kimia 2018
 

i
RINGKASAN
Sa’adah, Elvi N.L. 2018. Hubungan antara Kemampuan Berargumentasi dan Pemahaman Konsep Siswa SMA dalam Konteks Socioscientific Issues Larutan Penyangga dan Hidrolisis Garam. Tesis, Program Studi Pendidikan Kimia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Sri Rahayu, M.Ed., Ph.D.,(II) Dr. Fauziatul Fajaroh., M.S.
Kata Kunci: pemahaman konsep, keterampilan berargumentasi, larutan penyangga, hidrolisis garam
Literasi sains berhubungan dengan bagaimana siswa mampu menggunakan kemampuan berpikir secara ilmiah dan menggunakan pengetahuan serta proses sains dalam memahami suatu fenomena sehingga mampu mengambil keputusan untuk memecahkan masalah. Dua aspek yang menyokong literasi sains adalah pemahaman konsep dan keterampilan berargumentasi siswa terhadap materi sains. Dengan mengembangkan keterampilan berargumentasi melalui pembelajaran kimia diharapkan siswa dapat memahami dan mengevaluasi penjelasan ilmiah yang muncul di media massa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan profil pemahaman konsep siswa SMA di Malang pada materi larutan penyangga dan hidrolisis garam, 2) mendeskripsikan kualitas argumentasi siswa SMA di Malang pada materi larutan penyangga dan hidrolisis garam, 3) menguji hubungan pemahaman konsep dan keterampilan berargumentasi siswa SMA di Malang pada materi larutan penyangga dan hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Malang pada tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes konsep dan keterampilan berargumentasi. Tes konsep terdiri dari 35 soal pilihan ganda dengan reliabilitas 0,901. Sedangkan tes keterampilan berargumentasi terdiri dari 5 soal uraian dengan reliabilitas 0,608. Penentuan kualitas argumen siswa dianalisis dengan cara inter-rater reliability dengan menggunakan uji Kappa dan diperoleh persentase coding agreement sebesar 0,858 dengan kategori reliabilitas sangat tinggi. Uji korelasi antara pemahaman konsep dengan keterampilan berargumentasi menggunakan Pearson Correlation dengan bantuan SPSS 23 Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata-rata jumlah soal konsep yang dijawab benar oleh siswa adalah 16 dari 35 soal yang disajikan, 2) kualitas keterampilan berargumentasi siswa hanya mencapai level 1 sampai 3, dan 3) terdapat hubungan kuat antara pemahaman konsep dengan keterampilan berargumentasi siswa, akan tetapi antar variabel tidak saling mempengaruhi.

 

Karya yang terkait

Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar
matematika siswa kelas V SDN Mulyorejo I Kec. Sukun Malang / oleh Nunuk Iswahyuni


Hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar
siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pisangcandi VII
Kecamatan Sukun Kota Malang / oleh Uji Hidayati

Pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar
siswa dalam pelajaran matematika di SDN Kauman I Kec.
Klojen Kota Malang / oleh Eny Budiastuti

Pengaruh sistem tutor sebaya terhadap prestasi belajar
matematika pada siswa kelas V SDN Kiduldalem I Kecamatan
Klojen Kota Malang / oleh Setiyanda Usman Hadi


 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang