Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Psychological capital sebagai prediktor employee engagement pada pengurus Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pasuruan / Restu Putri Friandini

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : Rs 158.7 FRI p

Universitas Negeri Malang. Program Studi Psikologi 2018
 

RINGKASAN

Friandini, Restu Putri. 2018. Psychological Capital Sebagai Prediktor Employee Engagement pada Pengurus Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Diyah Sulistiyorini, S.Psi., M.Psi., (II) Pavissi Shanti, S.Psi., M.Psi.

Kata kunci: psychological capital, employee engagement, Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pasuruan.

Dalam organisasi profit diketahui terdapat psychological capital yang baik pada pekerjanya. Dengan menerapkan dimensi psychological capital yakni self efficacy, hope, optimism, dan resiliency pengurus akan semakin bagus dalam berorganisasi. Dengan employee engagamentpengurus memiliki semangat, dedikasi serta penghayatan yang lebih pada saat berorganisasi. Tujuan penelitian yakni (1) mengetahui gambaran psychological capital; (2) mengetahui gambaran employee engagement; (3) apakah psychological capital merupakan prediktoremployee engagement.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan racangan deskriptif korelasional prediktif. Jumlah sampel penelitian adalah 25 orang pengurus. Penelitian ini menggunakan skala psychological capital dengan reliabilitas 0,960 dan skala employee engagement dengan reliabilitas 0,908. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sebagian besar memiliki psychological capital kategori sedang; (2) sebagian besar memiliki employee engagement kategori sedang; dan (3)psychological capitalmerupakan prediktoremployee engagement dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai R = 0,668 yang berarti bahwa psychological capital memiliki korelasi positif dengan employee engagement, dan nilai R squre 0,422 yang berarti bahwa variabel psychological capital memiliki pengaruh kontribusi 42,2% terhadap variabel employee engagement.
Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini yakni, (1) bagi pengurus Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Muhammadiyah Kabupaten Pasuruan dapat lebih meningkatkan psychological capital dalam berorganisasi; dan (2) bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi untuk mengembangakan penelitianpsychological capital dan employee engagement pada karakteristik subjek penelitian yang sama ataupun berbeda, serta dapat membuat penelitian lanjutan untuk meningkatkan psychological capital ataupunemployee engagementpada suatu organisasi.

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang