Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas III mata pelajaran IPS materi denah dan peta SDN 02 Gedog Kulon Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Bhisma Gangga Siwi

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : Rs 300.76 SIW p

Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2017
 

ABSTRAK

Siwi, Bhisma Gangga. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran IPS Materi Denah Dan Peta SDN 02 Gedog Kulon Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sukamti, M.Pd., (II) Dra. Siti Umayaroh, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Peningkatan Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Model Numbered Heads Together (NHT) , IPS SD

Kecakapan guru dan strategi pembelajaran penting dalam proses pembelajaran. Adakalanya siswa lebih mudah menerima informasi yang disampaikan oleh temannya dari pada yang di sampaikan oleh gurunya. Berdasarkan hasil observasi di SDN 02 Gedog Kulon ditemukan bahwa pada pembelajaran siswa hanya duduk diam mendengarkan penjelasan guru ada sebagian siswa yang berbicara sendiri dengan teman sebangkunya sehingga saat diberi pertanyaan tidak menjawab karena tidak memperhatikan guru,saat menjawab pertanyaan hanya beberapa siswa yang mendominasi. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri 2 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar kerja kelompok, lembar tes, dan lembar penilaian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan di Kelas III SDN 02 Gedog Kulon Kabupaten Malang.
Penerapan model Numbered Heads Together berdasakan hasil analisis data tersebut diperoleh hasil, aktivitas guru pada siklus I mencapai 85%, aktivitas siswa 73%. Pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 100%, aktivitas siswa 87%. Sementara itu hasil belajar siswa pada tahap pratindakan ketuntasan klasikal hanya mencapai 25% dengan nilai rata-rata kelas 58,54. Pada siklus I nilai akhir siswa meningkat, terbukti dari prosentase ketuntasan klasikal siswa mencapai 39,5% dengan rata-rata kelas 63,55. Pada siklus II kembali mengalami peningkatan yaitu, prosentase ketuntasan klasikal mencapai 83,5% dengan rata-rata kelas 75.25.
Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas III mata pelajaran IPS materi denah dan peta SDN 02 Gedog Kulon Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together agar dalam proses pembelajaran semua siswa dapat aktif dan tidak ada siswa yang mendominasi.

 

Karya yang terkait

Pengaruh sistem tutor sebaya terhadap prestasi belajar
matematika pada siswa kelas V SDN Kiduldalem I Kecamatan
Klojen Kota Malang / oleh Setiyanda Usman Hadi


Pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar
siswa dalam pelajaran matematika di SDN Kauman I Kec.
Klojen Kota Malang / oleh Eny Budiastuti

Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar
matematika siswa kelas V SDN Mulyorejo I Kec. Sukun Malang / oleh Nunuk Iswahyuni


Hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar
siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pisangcandi VII
Kecamatan Sukun Kota Malang / oleh Uji Hidayati


 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang