Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Partisipasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Mentari dalam program keaksaraan di Desa Jedong Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Adhinanta Arrofi Jaka Pratama

-- (Read : 2 Times)
 


Kode Buku : Rs 374.22 PRA p

Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah 2017
 

ABSTRAK

Jaka Pratama, A.A. 2017. Partisipasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Dalam Program Keaksaraan Fungsional di Desa Jedong Kecamatan Wagir Kabupaten Malang.. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Lasi Purwito,M.S (II) Dr. Zulkarnain, M.Pd, M.Si

Kata Kunci: Partisipasi, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Keaksaraan Fungsional
Desa Jedong merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Jumlah penduduk desa Jedong 2350 jiwa, dengan jumlah KK mencapai 2103. Desa Jedong memiliki 10 RW dan 41 RT yang tersebar di lahan desa seluas 120 Ha. Mayoritas agama yang berkembang di desa Jedong adalah Islam, Nasrani, dan Hindu. Batas-batas wilayah desa Jedong antara lain: Bagian Utara : Desa Pandanlandung, bagian Barat: Kota Malang dan Desa Sidorahayu, bagian Selatan: Desa Sukodadi, bagian Timur : Desa Dalisodo. Tingkat pendidikan masyarakat jedong masih tergolong rendah, bahkan tidak sedikit masyarakat Jedong yang tidak sekolah sehingga tidak sedikit pula masyarakat desa Jedong yang tidak bisa membaca.
Fokus penelitian ini adalah tentang partisipasi Pusat Kegaiatan Belajar Masyarakat dalam program keaksaraan fungsional di Dusun Sawun Desa Jedong kecamatan wagir Kabupaten Malang. Tujuan penelitian ini secara umum adalah (1) Mendiskripsikan tentang PKNM Mentari dalam merencanakan kegiatan pembelajaran. (2) Mendiskripsikan tentang partisipasi PKBM Mentari dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. (3) Mendiskripsikan tentang partisipasi PKBM Mentari dalam evaluasi kegiatan pembelajaran.
dalam bentuk kualitatif studi kasus. Metode penggalian data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian ini (1) Partisipasi PKBM Mentari dalam Perencanaan program Keaksaraan Fungsiona adalah menyatukan emosi, fikiran dan mental ini berkaitan dengan penentuan alternatif sepakat tentang berbagai gagasan yang menyangkut kepentingan bersama (2) Partisipasi PKBM Mentari dalam Pelaksanaan program Keaksaraan Fungsiona merupakan lanjutan dari rencana yang telah disepakati sebelumnya (3) Partisipasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Mentari dalam Evaluasi program Keaksaraan Fungsional melibatkan subjek yang dievaluasi dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian evaluasi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran dalam penelitian ini sebagai berikut: bahwa PKBM Mentari untuk dapat lebih dapat mengupayakan suasana pembelajaran yang bisa meningkatkan semangat belajar serta memberi stimulus agar warga belajar yang khususnya usia dewasa tidak malu untuk menyampaikan kebutuhan belajarnya.

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang