Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Studi pelaksanaan pekerjaan ground water tank pada proyek pembangunan Gedung Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan / Elok Dewi Widowati

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : Rp 628.13 WID s

Universitas Negeri Malang. Program Studi Teknik Sipil dan Bangunan 2017
 

ABSTRAK

Widowati, Elok, Dewi. 2017. Studi Pelaksanaan Ground Water Tank Pada Proyek Pembangunan Gedung Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan. Proyek Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Ir. Sudomo, M.MT.
Kata Kunci : pelaksanaan, ground water tank, tanah.
Air merupakan kebutuhan semua makhluk hidup untuk melakukan segala aktifitas. Tanpa tercukupinya kebutuhan air, manusia mengalami banyak kesulitan hingga terganggunya kesehatan. Pasokan air bersih juga sangat dibutuhkan di area perkantoran untuk menunjang aktivitas. Untuk memenuhi kebutuhan air pada perkantoran, diperlukan tempat penampungan yang akan menyuplai air kapan saja saat dibutuhkan. Penempatan tangki air pada perkantoran disesuaikan dengan kebutuhan dan faktor estetikanya, maka dari itu dibuatlah konstruksi tangki air bawah tanah atau yang sering disebut ground water tank. Fungsi ground water tank yaitu untuk menampung air dari PDAM dan menampung air untuk selanjutnya akan dipompa menuju seluruh bagian gedung.
Pelaksanaan pekerjaan ground water tank memiliki beberapa masalah yang timbul. Seperti halnya longsornya lereng lubang galian tanah pada saat penggalian maupun setelah selesai penggalian. Selain terjadinya longsor, masalah lain yang timbul adalah muculnya air di dalam lubang galian. Kedua permasalahan tersebut tentunya mengganggu dan mempengaruhi durasi pelaksanaan pekerjaan, maka dari itu diperlukan solusi untuk mengatasinya. Pada Proyek Akhir ini, penulis membahas tentang metode pelaksanaan pekerjaan ground water tank pada gedung perkantoran yang memiliki permasalahan tersebut di atas.
Metode yang dilakukan dalam menyusun Proyek Akhir ini adalah pengamatan lapangan yang dilakukan pada proyek pembangunan struktur ground water tank Gedung Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan. Informasi lain diperoleh dari hasil tanya jawab dan dokumentasi pekerjaan. Pengamatan meliputi pekerjaan penggalian tanah, pekerjaan pelat lantai, dinding tangki, pelat penutup tangki dan pengurugan kembali. Dari data tersebut dilakukan analisa melalui peerbandingan antara teori dan pelaksanaan masing-masing komponen pekerjaan kemudian menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil pembahasan pelaksanaan pekerjaan ground water tank dengan kajian teori dapat disimpulkan secara garis besar bahwa pelaksanaan pekerjaan ground water tank pada proyek pembangunan Gedung Disperindag Kabupaten Pasuruan telah sesuai. Beberapa hal yang tidak sesuai pada setiap bagian pelaksanaan terjadi karena faktor kelalaian pekerjaan oleh pelaksana. Untuk meningkatkan kualitas hasil pekerjaan, disarankan pihak pelaksana lebih teliti dalam melaksanakan setiap pekerjaan. Permasalahan yang timbul dapat teratasi dengan adanya struktur turap untuk mengatasi kejadian longsornya lereng galian dan pompa penyedot air untuk mengeringkan lubang galian.

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang