Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan representasi eksternal beragam dalam menyelesaikan masalah program linear pada kelas XI / Rina Ramandani

-- (Read : 5 Times)
 


Kode Buku : Rs 519.72 RAM p

Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Matematika 2016
 

ABSTRAK
Ramandani, Rina. 2016. PenerapanPembelajaranInkuiriTerbimbing yang DapatMeningkatkanKemampuanSiswaMenggunakanRepresentasiEksternalBeragamdalamMenyelesaikanMasalah Program Linear padaKelas XI. Skripsi. PendidikanMatematikaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Drs. Eddy Budiono, M.Pd
Kata kunci: PembelajaranInkuiriTerbimbing, RepresentasiEksternalBeragam, Program Linear
Kemampuanmenggunakanrepresentasieksternalberagampadasuatukonsepmatematikadiperlukansiswauntukmemahamikonsepsecaramendalamsertasebagaialatuntukmenyelesaikanmasalah. Berdasarkanhasilobservasi yang dilakukan di kelas XI IPS 1 SMAN 02 Malang,diperoleh data awal berupa hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan permasalahanprogram linear yang menunjukkankemampuansiswamenggunakanrepresentasieksternalberagammasihtergolongrendah. Hal tersebutdikarenakandalam proses pembelajarancenderungtidakmemberikankesempatankepadasiswauntukmengembangkanketerampilanmenggunakanrepresentasieksternal yang beragam. Olehkarenaitu, perludilakukanperbaikanpembelajaranyang dapatmembantusiswamengembangkanketerampilanmenggunakanrepresentasiberagamdalammenyelesaikanmasalah program linear.
Tujuandaripenelitianiniadalahmendeskripsikanpenerapanpembelajaraninkuiriterbimbing yang dapatmembantusiswamengembangkankemampuandanketerampilanmenggunakanrepresentasieksternalberagamdalammenyelesaikanmasalah program linear. PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas (PTK). Subyekdalampenelitianadalahsiswakelas XI IPS 1 SMAN 02 Malang yang berjumlah 34 orang.Siswa kelas XI IPS 1memilikikecenderungankurangantusiasdalambelajarmatematika.
Pembelajaraninkuiriterbimbingdalampenelitianiniterdiridarilima tahap pembelajaranyaitu (1) tahapanorientasi; menggalipengetahuanprasyaratsiswa, (2) menyajikanmasalah; membuatpertanyaan yang bersifatinvestigatif, (3) merumuskanhipotesis; membuatdugaanjawaban, (4) mengumpulkan data; melakukanaktivitasdanmenjawabpertanyaandalam LKPD, (5) mengujihipotesis; penarikankesimpulansementara,membandingkandugaanjawabandengankesimpulansementara, dan (6) menyimpulkan,mengeksplorasipengetahuansiswasetelah mengikutipembelajaran. Bentuk bimbingan guru berupa pertanyaan atau instruksi yang disajikan pada LKPD atau disampaikan pada kegiatan tanya jawab.
Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwakegiatantanyajawab yang eksploratif, pemberiantugas yang bersifatterbuka, danpengelolaankelas yang variatifdapatmeningkatkankemampuansiswamenggunakanrepresentasieksternalberagamdalammenyelesaikanmasalah program linear. Hasil penelitian siklus I, 80% atau 27 siswa sudah memiliki kemampuan dan keterampilan menggunakan representasi eksternal beragam, hasil pengamatan kegiatan guru 80,25%, dan hasil pengamatan kegiatan siswa 71,5%. Hasiltersebutbelummemenuhikriteriakeberhasilansehinggadilakukansiklus II. Hasilpenelitiansiklus II,95% atau 32 siswa sudah memiliki kemampuan dan keterampilan menggunakan representasi eksternal beragam, hasil pengamatan kegiatan guru 84,33%, dan hasil pengamatan kegiatan siswa 81,67%.Hasilpenelitiansiklus II menunjukkanbahwapenelitiantelahmemenuhikriteria yang telahditetapkan.

 

Karya yang terkait

Analisis pasca optimum
masalah minimum baku pada program linier
oleh Endrik Susida


Sensitifitas pada program linier
oleh Wiwin Suryani


 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang