Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Pengaruh current ratio, debt to equity ratio, dan rewturn on equity terhadap kebijakan dividen pada perusxahaan manufaktur yang lsiting di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014 / Lia Rifa'atul Laili

-- (Read : 3 Times)
 


Kode Buku : Rs 658.155 LAI p

Univeristas Negeri Malang. Program Studi Manajemen 2016
 

ABSTRAK

Laili, Lia Rif’atul. 2016. Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, dan Return On Equity terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ely Siswanto, S.Sos., M.M., (II) Fadia Zen, S.E., M.M.

Kata Kunci: Kebijakan Dividen, Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Equity

Pihak manajemen harus memutuskan berapa bagian pendapatan yang akan diinvestasikan kembali dan berapa bagian pendapatan perusahaan yang harus dibagikan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen. Kebijakan manajemen dalam menentukan dividen dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu likuiditas, leverage, dan profitabilitas. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Dividend Payout Ratio (DPR), Current Ratio, Debt To Equity Ratio (DER), dan Return On Equity (ROE). Subjek dari penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi DPR, Current Ratio, DER, dan ROE pada perusahaan manufaktur periode 2012 – 2014. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio dan DER terhadap DPR melalui ROE.
Penelitian ini menggunakan analisis path. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014 sebanyak 141 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 20 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari BEI. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan cara menelusuri dan mempelajari catatan-catatan atau dokumen-dokumen perusahaan (laporan keuangan) sesuai dengan data dan informasi yang diperlukan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Current Ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap ROE, 2) DER berpengaruh positif signifikan terhadap ROE, 3) ROE berpengaruh positif signifikan terhadap Kebijakan Dividen, 4) Current Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Kebijakan Dividen, 5) DER tidak berpengaruh signifikan terhadap Kebijakan Dividen.
Berdasarkan temuan disarankan kepada: 1) investor, agar tidak menggunakan current ratio dan DER untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memutuskan dalam berinvestasi, 2) perusahaan, untuk meningkatkan ROE, perusahaan perlu menekan current ratio dengan cara menjual surat-surat berharga yang diklasifikasikan sebagai aktiva lancar dan menggunakan kas yang diperolehnya untuk membiayai akuisisi perusahaan tersebut terhadap perusahaan lain, 3) peneliti selanjutnya, agar melibatkan variabel-variabel lain dan model-model lain yang dapat mengukur kinerja perusahaan, periode penelitian yang berbeda dan subyek penelitian yang lebih luas agar diperoleh kajian yang mendalam.

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang