Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Kreasi kain berbulu pada pembuatan busana avantgarde dengan tema raw colour / Siti Maimunah

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : Rp 646.47804 MAI k

Universitas Negeri Malang. Program Studi Tata Busana 2016
 

ABSTRAK
Maimunah, Siti, 2016. Kreasi Kain Berbulu Pada Pembuatan Busana
Avantgarde Dengan Tema Raw Colour. Tugas Akhir, Jurusan Teknologi Industri, Program Studi Diploma III Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Anik Dwiastuti, S.T., M.T (2) Nurul Hidayati, S.Pd., M.Sn

Kata Kunci : Kreasi Kain Berbulu dan Tuft, Busana Avantgarde, Raw Colour
Kain berbulu adalah kain yang membentuk simpul (loop) pada permukaan kain sedangkan tuft adalah permukaan kain berbulu yang dibentuk dengan konstruksi net karpet. Pada konsep desain disini kreasi kain berbulu diciptakan dengan menerapkan kain terry berbentuk bola yang diaplikasikan pada rok dan headpice sedangkan rumbai-rumbai terbuat dari benang kinglon yang menghasilkan efek berbulu diaplikasikan pada bustier.
Salah satu tema yang muncul dalam trend fashion 2016 adalah Raw Colour dan penulis memilih Bromo untuk dijadikan sebagai sumber inspirasi karena Bromo merupakan salah satu tempat menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset) terbaik di Indonesia. Melihat keindahan Bromo penulis memilih icon yang terkenal di daerah tersebut. Penulis memilih bunga edelweis untuk dijadikan sebagai inspirasi karena bunga edelweis merupakan bunga abadi karena bunga tersebut mekar dalam waktu yang cukup lama.
Pembuatan busana avantagarde dengan kreasi kain berbulu terdiri beberapa tahapan yaitu persiapan alat, pengukuran, pembuatan pola, merancang bahan dan harga, pembuatan draft busana, proses memotong bahan, proses menjahit, dan menghias busana. Pada saat menjahit busana avantgarde membutuhkan ketelitian agar hasil dari busana tersebut terlihat rapi. Proses menjahit busana avantgarde meliputi, menjahit bagian bustier, menjahit bagian rok, dan proses menghias busana avantgarde.
Dalam pembuatan busana avantgarde hiasan kelopak tidak disambung dengan ban pinggang rok karena menyulitkan pada saat proses menjahit dan perawatannya. Pada proses membuat rumbai-rumbai pada bustier tidak semua lubang dimasukkan benang kinglon karena hasilnya akan lebih mengembang. Pada saat menjahit bustier dengan net karpet mengalami kesulitan karena bahan net karpet yang terbuat dari strimin plastik yang tidak bisa tertusuk jarum sehingga jarak setikan tidak sama.
Disarankan membuat hiasan kelopak harus dijahit tersendiri dengan ban pinggang sehingga mempermudah pada saat menjahit dan perawatannya. Pada saat membuat rumbai-rumbai disarankan memasukkan benang kinglon pada net karpet harus dilompati satu lubang agar rumbai yang menghasilkan efek berbulu hasilnya lebih bagus. Proses menjahit bustier dengan net karpet disarankan dijelujur terlebih dahulu supaya mempermudah proses menjahit.

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang