Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Upaya pemerintah daerah dalam menanggulangi illegal logging di Desa Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung / Mitra Ari Kiswanto

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : Rs 634. 98 KIS u

Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2016
 

ABSTRAK


Kiswanto, Mitra Ari. 2016. Upaya Pemerintah Daerah Dalam Menanggulangi Illegal Logging di Desa Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Moch. Yuhdi Batubara, SH., M.H., (II) Drs. H. Petir Pudjantoro, M.Si.

Kata Kunci: Illegal Logging, Pemerintah Daerah

Illegal Logging sebagai praktek eksploitasi hasil hutan berupa kayu secara tidak sah dari kawasan hutan negara melalui aktifitas penebangan pohon dan atau pemanfaatan serta peredaran kayu atau olahannya yang berasal dari hasil tebangan secara tidak sah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kondisi Illegal Logging yang terjadi di Desa Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung, (2) Program atau kegiatan yang di kembangkan sebagai upaya pemerintah daerah dalam menanggulangi Illegal Logging di Desa Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung, (3) Efektifitas program atau kegiatan yang dikembangkan pemerintah daerah dalam menanggulangi Illegal Logging di Desa Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian yang berupa dokumentasi dan hasil wawancara dengan beberapa informan yaitu Kepala Dinas Kehutanan, Asisten Perhutani Campurdarat, Kapolsek Tanggunggunung, Kepala Desa Ngrejo, dan Masyarakat. Kegiatan analisis data dengan menggunakan model analisis secara induktif yaitu penulis mengelompokkan data yang sejenis atau merupakan bagian dari masalah yang sama akan dibahas dan kemudian menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh tiga hasil penelitian sebagai berikut. Pertama kondisi Illegal Logging di Desa Ngrejo, yaitu kerusakan lingkungan seperti (1) mengeringnya sebagian sumber air; (2) tanah longsor; (3) erosi; dan (4) meningkatnya suhu udara di wilayah Desa Ngrejo.
Kedua, program atau kegiatan yang dikembangkan sebagai upaya pemerintah daerah dalam menanggulangi Illegal Logging di Desa Ngrejo, yaitu (1) PHBM merupakan program pengelolaan hutan yang dilakukn oleh pihak Perhutani dengan masyarakat sekitar kawasan hutan; (2) operasi gabungan merupakan operasi yang dilakukan oleh pihak Perhutani yang diadakan dua kali dalam satu bulan; (3) reboisasi merupakan pemulihan hutan yang dilakukan Dinas Kehutanan maupun Perhutani dikawasan hutan yang gundul dan gersang; (4) LMDH merupakan lembaga yang dibentuk masyarakat sekitar kawasan hutan yang bertujuan untuk pengelolaan hutan.
Ketiga, upaya pemerintah yaitu dengan PHBM dan operasi gabungan, serta reboisasi untuk menanggulangi hutan yang gundul dan gersang. Namun efektivitas program yang dikembangkan oleh pemerintah daerah, yaitu belum efektif karena kurangnya kesadaran dari masyarakat sekitar hutan.
Beberapa saran dari peneliti diajukan kepada beberapa pihak, yakni (1) Bagi Dinas Kehutanan Kabupaten Tulungagung seharusnya sosialisasi akan pentingnya hutan terhadap masyarakat kawasan hutan ditingkatkan lagi; (2) Bagi Perum
Perhutani sebaiknya perlu adanya upaya yang lebih untuk melakukan patroli atau operasi gabungan di kawasan hutan; (3) Bagi Kapolsek Tanggunggunung sebaiknya lebih tegas lagi dalam memberikan sanksi kepada pelaku pencurian kayu atau Illegal Logging; (4) Bagi Kepala Desa Ngrejo sebaiknya meningkatkan kerja sama antar masyarakat dengan pihak perhutani dalam mengelola kawasan hutan; (5) Bagi Masyarakat Desa Ngrejo seharusnya masyarakat mematuhi peraturan untuk menjaga kelestarian hutan.

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang