Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Pengembangan permainan sirkuit geometri fun pada pembelajaran fisik motorik kasar kelompok B / Ratri Kartikasari

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : Rs 372.86044 KAR p

Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini 2016
 

ABSTRAK
Kartikasari, Ratri.2016. Pengembangan Sirkuit Geometri Fun pada Pembelajaran Fisik Motorik Kasar TK Kelompok B. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Kentar Budhojo., (II) Sandy Tegariani Putri S, S.Pd.,M.Pd

Kata Kunci: Sirkuit Geometri Fun, Pembelajaran Fisik Motorik Kasar, TK Kelompok B

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di RA Perwanida menunjukkan bahwa anak membutuhkan media pembelajaran yang inovatif, agar pembelajaran Fisik Motorik Kasar lebih menarik. Pembelajaran yang dilakukan selama ini masih cenderung menggunakan permainan yang kurang variatif. Pembelajaran dengan menggunakan permainan sirkuit geometri fun dapat digunakan sebagi alternatif pembelajaran di luar kelas, permaian sirkuit geometri fun ini memiliki tujuan yaitu menghasilkan produk permainan sirkuit yang mudah dilakukan, menyenangkan dan aman dalam pelaksanaannya.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan research and development Dick and carry yang dimodifikasi oleh peneliti menjadi Sembilan langkah. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase.Hasil analisis data pada saat penelitian adalah permainan mudah digunakan sebesar 93,3%, menyenangkan sebesar 93,3% dan93,3% aman dalam melaksanakan pembelajaran.
Berdasarkan hasil pengembangan permainan sirkuit geometri fun, dapat disimpulkan bahwa permainan tersebut menyenangkan, mudah, dan aman bagi anak dan layak digunakan pada anak TK Kelompok B. Pendidik hendaknya dapat menggunakan permainan ini sebagai alternatif pada pembelajaran fisik motorik kasar untuk anak TK kelompok B. Bagi peneliti selanjutnya media ini dapat diujikan kepada kelompok yang lebih luas dan disosialisasikan ke sekolah atau lembaga pendidikan yang terkait. Selain hal tersebut, peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan permainan sirkuit geometri fun dengan menambahkan aspek perkembangan yang lain kedalam permaian.

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang