Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Penerapan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN Sambirejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri / Siskha Amalia Dwi Cahyani

-- (Read : 2 Times)
 


Kode Buku : Rs 372.622 CAH p

Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2016
 

ABSTRAK

Cahyani, Siskha Amalia Dwi. 2016. Penerapan Metode Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V SDN Sambirejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. A. Badawi, S. Pd,. M. Pd. (II) Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M. Pd.

Kata Kunci: Metode Diskusi Kelompok, Keterampilan Berbicara.

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan, ditemukan fakta bahwa keterampilan berbicara siswa di depan umum masih kurang. Hal ini ditunjukkan pada saat kegiatan belajar berlangsung siswa tidak aktif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan siswa kurang percaya diri saat berbicara di depan umum. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan perbaikan dalam pembelajaran dengan menerapkan metode diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penggunaan metode diskusi kelompok dalam upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V di SDN Sambirejo dan (2) peningkatan keterampilan berbicara melalui penggunaan metode diskusi kelompok siswa kelas V di SDN Sambirejo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif, dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model kolaboratif. Pengumpulan data menggunakan teknik: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan yaitu: lembar observasi, pedoman wawancara, dan alat dokumentasi. Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN Sambirejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri, pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan penelitian sebagai berikut: (1) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah terlaksana sesuai dengan langkah-langkah dan (2) keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan , pada siklus I nilai rata-rata siswa 59,39 dan meningkat menjadi 78,02 pada siklus II. Peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II sebesar 18,63. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk menerapkan metode diskusi kelompok dengan menggunakan langkah-langkah yang benar dan menarik agar siswa percaya diri mengungkapkan dan menanggapi pendapat.

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang