Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Peningkatan hasil belajar IPS mengenal jenis-jenis pekerjaan melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas III di SDN Bendo 2 Kota Blitar / Lutvy Indri Setyoningrum

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : Rs 372.83076 SET p

Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2016
 

ABSTRAK
Setyoningrum, Lutvy Indri. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS Mengenal Jenis-jenis Pekerjaan Melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas III di SDN Bendo 2 Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sri Murdiyah, M.Pd, (2) Dra. Sutansi, M.Pd.

Kata kunci: model tgt, ips mengenal jenis-jenis pekerjaan
Pelaksanaan observasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas III SDN Bendo 2 Kota Blitar dilatarbelakangi olehpermasalahan hasil belajar siswa yang masih rendah pada mata pelajaran IPS materi mengenal jenis-jenis pekerjaan, baik itu soal-soal tentang membedakan jenis-jenis pekerjaan, menjelaskan masing-masing tugas dari jenis-jenis pekerjaan, dan menyebutkan hasil dari jenis-jenis pekerjaan. Hasil belajar siswa pada pratindakan belum mencapai ketuntasan klasikal yang ditentukan yaitu 85%. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran TGT pada siswa Kelas III SDN Bendo 2 Kota Blitardan meningkatkan hasil belajar IPS mengenal jenis-jenis pekerjaaan setelah diterapkannya model pembelajaran TGT pada siswa Kelas III SDN Bendo 2 Kota Blitar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III semester 2 SDN Bendo 2 Kota Blitar tahun ajaran 2015/2016.Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dengan menerapkan model TGT dalam pembelajaran IPS mengenal jenis-jenis pekerjaan mengalami peningkatan, yaitu aktivitas guru siklus I mencapai 78%, aktivitas siswa mencapai73%. Siklus II aktivitas guru mencapai 97% dan aktivitas siswa mencapai 88%. Sementara itu, hasil belajar pada pra tindakan dengan nilai rata-rata66 dengan presentase 57% siswa yang dinyatakan tuntas belajar atau 16 siswa dari 28 siswa yang tuntas belajar sedangkan yang belum tuntas belajar mencapai presentase sebesar 34% atau 12 siswa dari 28 siswa yang belum tuntas belajar. Siklus I sebanyak 21 siswa (75%) telah tuntas belajar dan 7 siswa (25%) belum tuntas belajar. Siklus II diperoleh hasil belajar yaitu sebanyak 24 siswa (86%) telah tuntas belajar dan 4 siswa (14%) dinyatakan belum tuntas belajar.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Bendo 2 kota Blitar, dan disarankan bagi guru dapat menerapkan model pembelajaran TGT agar hasil pembelajaran dapat meningkat.

 

Karya yang terkait

Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar
matematika siswa kelas V SDN Mulyorejo I Kec. Sukun Malang / oleh Nunuk Iswahyuni


Pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar
siswa dalam pelajaran matematika di SDN Kauman I Kec.
Klojen Kota Malang / oleh Eny Budiastuti

Pengaruh sistem tutor sebaya terhadap prestasi belajar
matematika pada siswa kelas V SDN Kiduldalem I Kecamatan
Klojen Kota Malang / oleh Setiyanda Usman Hadi


Hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar
siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pisangcandi VII
Kecamatan Sukun Kota Malang / oleh Uji Hidayati

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang