Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Peningkatan keterampilan menulis ringkasan melalui metode penugasan pada siswa kelas V SDN Kunir 01 Kabupaten Blitar / Jundallah Srinata

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : Rs 372.623 SRI p

Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2016
 

ABSTRAK

Srinata, Jundallah. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan melalui Metode Penugasan pada Siswa Kelas V SDN Kunir 01 Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhel Madyono, S.Pd, M.Pd, (II) Drs. H. Hadi Mustofa, M.Pd.

Kata Kunci: keterampilan menulis ringkasan, metode penugasan.

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa SD. Kompetensi keterampilan menulis dalam KTSP jenjang kelas V SD yaitu meringkas buku dengan memperhatikan ejaan. Hasil observasi pembelajaran menulis di SDN Kunir 01 kabupaten Blitar, diperoleh data yang menunjukkan nilai rata-rata keterampilan menulis siswa belum mencapai ketuntasan minimal. Dari 19 siswa di kelas, hanya terdapat 3 siswa yang memperoleh nilai diatas ketuntasan minimal atau mencapai 15,8 % ketuntasan klasikal. Untuk mengani hal itu, dilakukanlah penelitian dengan tujuan meningkatkan keterampilan menulis khusunya menulis ringkasan dengan menggunakan metode penugasan sebagai solusi perbaikan pembelajaran. Menulis ringkasan adalah kegiatan menulis dengan mengambil pokok-pokok suatu bacaan, sedangkan metode penugasan adalah metode penyajian bahan ajar dalam bentuk tugas.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua tahapan siklus yaitu siklus I dan Siklus II. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya mengguna-kan teknik observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada pembelajaran menulis ringkasan dengan menggunakan metode penugasan menunjukkan peningkatan nilai pada setiap siklusnya. Pada siklus I, nilai rata-rata aktivitas siswa mencapai 67 dengan kriteria “cukup”, sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata aktivitas siswa mencapai 70 dengan kriteria “baik”. Selain itu, hasil akhir pembelajaran menulis ringkasan turut mengalami peningkatan. Pada tahap pratindakan, diperoleh data nilai rata-rata pembelajaran Bahasa Indonesia mencapai 59,5 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 15,8%. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil pembelajaran menulis ringkasan mencapai 69 dengan 9 siswa yang tuntas belajar (47%) ketuntasan klasikal, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil pembelajaran mencapai 71 dengan 16 siswa yang tuntas belajar (84%) ketuntasan klasikal. Berdasarkan data-data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penugasan dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas V SDN Kunir 01 kabupaten Blitar.

 

Karya yang terkait

Hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar
siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pisangcandi VII
Kecamatan Sukun Kota Malang / oleh Uji Hidayati

Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar
matematika siswa kelas V SDN Mulyorejo I Kec. Sukun Malang / oleh Nunuk Iswahyuni


Pengaruh sistem tutor sebaya terhadap prestasi belajar
matematika pada siswa kelas V SDN Kiduldalem I Kecamatan
Klojen Kota Malang / oleh Setiyanda Usman Hadi


Pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar
siswa dalam pelajaran matematika di SDN Kauman I Kec.
Klojen Kota Malang / oleh Eny Budiastuti

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang