Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Perbedaan hasil belajar kognitif materi hidrolisis garam pada pembelajaran strategi problem posing-think pair share dan ekspositori siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu / Ari Rindawati

-- (Read : 3 Times)
 


Kode Buku : Rs 541.39 RIN p

Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Kimia 2016
 

ABSTRAK

Rindawati, Ari. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Materi Hidrolisis Garam Pada Pembelajaran Strategi Problem Posing-Think Pair Share dan Ekspositori Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Batu. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Srini M. Iskandar, M.Sc., Ph.D. (II) Dr. H. Yudhi Utomo, M.Si.

Kata kunci: Problem Posing-Think Pair Share, Hasil Belajar Kognitif, Hidrolisis Garam

Materi hidrolisis garam merupakan salah satu materi kimia yang diajarkan di SMA. Akan tetapi, siswa kemungkinan mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut. Kesulitan siswa ini dikarenakan guru cenderung menggunakan pembelajaran strategi ekspositori yang menyebabkan kerja sama siswa menjadi kurang. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah penggunaan pembelajaran strategi yang tepat, yaitu pembelajaran strategi konstruktivis Problem Posing yang dipadukan dengan pembelajaran strategi kooperatif tipe Think Pair Share. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran di kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran strategi Problem Posing-Think Pair Share dan ekspositori pada materi hidrolisis garam siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kognitif siswa di kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran strategi Problem Posing-Think Pair Share dan ekspositori pada materi hidrolisis garam siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu.
Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimental semu (quasy experimental design) dengan posttest only control group design. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan pembelajaran strategi Problem Posing-Think Pair Share dan kelas kontrol dibelajarkan menggunakan ekspositori. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan (silabus, RPP, LKS dan Handout) dan instrumen pengukuran (lembar observasi dan tes hasil belajar). Tes hasil belajar terdiri dari 25 butir soal yang valid dengan reliabilitas α = 0,887. Data keterlaksanaan proses pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskriptif, sedangkan data nilai tes hasil belajar dianalisis menggunakan analisis statistika melalui uji-t dengan signifikansi α = 0,05 berbantuan program SPSS 20.0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan proses pembelajaran pada siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran strategi Problem Posing-Think Pair Share dan siswa yang dibelajarkan menggunakan ekspositori masuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata keterlaksanaan proses pembelajaran pada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran strategi Problem Posing-Think Pair Share yaitu sebesar 95,56% dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan ekspositori sebesar 92,50%, (2) Ada perbedaan hasil belajar kognitif materi hidrolisis garam antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran strategi Problem Posing-Think Pair Share dan ekspositori pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 pada α = 0,05.

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang