Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pertidaksamaan kuadrat berdasarkan prosedur Newman / Anggita Ari Istiawan

-- (Read : 6 Times)
 


Kode Buku : Rs 512.97 IST a

Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Matematika 2015
 

ABSTRAK

Istiawan, Anggita Ari. 2015. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sudirman, M. Si.

Kata Kunci: Pertidaksamaan kuadrat, kesalahan siswa, prosedur Newman.

Pertidaksamaan kuadrat adalah salah satu materi yang dipelajari dalam matematika. Materi ini mempunyai peran penting dalam matematika karena termasuk dalam salah satu hal pokok yang menjadi bidang kajian utama dalam matematika, yaitu aljabar. Akan tetapi, dari hasil observasi yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa siswa belum sepenuhnya menguasai materi pertidaksamaan kuadrat. Oleh karena itu, harus diketahui apa saja kesalahan yang dilakukan siswa. Salah satu cara untuk mengetahui kesalahan siswa adalah dengan analisis kesalah-an. Salah satu prosedur untuk menganalisis kesalahan adalah prosedur Newman. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa saja kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pertidak-samaan kuadrat berdasarkan prosedur Newman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis instrumen, yaitu instrumen utama yang tak lain adalah peneliti sendiri dan instrument pendukung yaitu lembar soal tes tertulis dan lembar pedoman wawancara. Sumber data pada penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tes tertulis dan hasil wawancaranya. Subjek pada penelitian ini adalah empat orang siswa kelas X SMA Surya Buana Malang tahun pelajaran 2014/2015.
Hasil yang dapat disimpulkan dari penelitian ini antara lain: 1) tidak ada satupun subjek penelitian yang melakukan jenis kesalahan membaca dan juga kesalahan memahami, 2) kesalahan transformasi dilakukan oleh satu orang subjek penelitian yaitu tidak mengubah informasi pada soal kedalam bentuk pertidaksamaan kuadrat, 3) kesalahan keterampilan proses dilakukan oleh dua orang subjek peneli-tian yaitu ketika melakukan proses subtitusi persamaan kedalam pertidaksamaan dan juga ketika melakukan pemfaktoran, dan 4) kesalahan penulisan jawaban dilakukan oleh satu orang subjek penelitian yaitu menuliskan -4≤r≤-1 sebagai jari-jari lingkaran (r) yang memenuhi padahal jari-jari lingkaran (r) harus positif.

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang