Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Analisis implementasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) mandiri perkotaan dalam rangka mengentaskan kemiskinan masyarakat di Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Kota Malang tahun 2014 / Gandhes Mustika Ratna

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : Rs 362.5 RAT a

Universitas Negeri Malang. Program Studi Ekonomi Pembangunan 2015
 

ABSTRAK


Ratna, Gandhes Mustika. 2015. Analisis Implementasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan dalam Rangka Mengentaskan Kemiskinan Masyarakat di Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Kota Malang Tahun 2014. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si, Pembimbing II: Drs. Sapir, S.Sos., M.Si.

Kata Kunci: Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri
Perkotaan, Pemberdayaan Masyarakat, dan Kemiskinan.

Permasalahan kemiskinan di Indonesia sudah bukanlah masalah baru lagi, terutama bagi warga Negara Indonesia itu sendiri, namun untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya kerja sama oleh semua pihak baik dari pemerintah hingga masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan adalah dengan meningkatkan keberdayaan masayarakat. Untuk meningkatkan efektivitas penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja, pemerintah meluncurkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri mulai tahun 2007. Berkaitan dengan adanya progam PNPM Mandiri, salah satu wilayah yang juga melaksanakan progam ini adalah Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Kota Malang.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup; (1) proses pelaksanaan pemberdayaan masyarakat PNPM Mandiri Perkotaan di Bunulrejo, (2) hambatan dan solusi progam yang diluncurkan PNPM Mandiri Perkotaan di Bunulrejo, dan (3) hasil PNPM Mandiri Perkotaan di Kelurahan Bunulrejo pada tahun 2014.
Penelitian ini menggunakan rancanagan deskriptif kualitatif dengan pende-katan studi kasus. Data dalam penelitian diperoleh dalam bentuk data primer yang merupakan data yang diambil dari subjek langsung dan bukan dari orang lain/ dokumen dan data sekunder yang merupakan sumber yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data, misalnya lewat orang lain atau doku-men.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia, yaitu peneliti itu sendiri. Kegiatan analisis data dimulai darai tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi data.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan penelitian sebagai berikut; (1) Proses pelaksanaan pemberdayaan masyarakat PNPM Mandiri Perkotaan di daerah Bunulrejo dimulai dari sosialisasi awal dan musya-warah masyarakat, mengenali kemiskinan, pemetaan swadaya, pengorganisasian masyarakat, penyusunan rencana, pelaksanaan kegiatan, pemanfaatan dan pemeli-haraan hasil kegiatan. (2) pelaksanaan PNPM Mandiri di daerah Bunulrejo pada tahun 2014 berjalan dengan cukup baik dan lancar meskipun terdapat beberapa hambatan namun program tetap bisa dijalankan sesuai dengan rencana. (3) hasil dari adanya PNPM Mandiri di daerah Bunulrejo adalah meningkatnya aktfitas masyarakat dilihat dari sudut pandang aspek ekonomi, sosial dan lingkungan/infrastruktur.

 

Karya yang terkait

Penggunaan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dalam penentuan strategi prioritas Anti Poverty Program (APP) di Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang / Andri Sriani

Analisis Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) dalam pelaksanaan "Anti Poverty Program" (studi kasus pada Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang) / Ade Lorenza Panjaitan

A study on the cause of poverty and struggles for thelibration of the poor in Dominique Lapierre's The City of Joy" / by I Gusti Ngurah Ketut Ciptadi"

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang