Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Peran program Corporate Social responsibility (CRS) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto (studi kasus PT Perkebunan Nusantara X (Persero) PG Gempolkerep) / Wildan Mudhoffar

-- (Read : 3 Times)
 


Kode Buku : Rs 361.6 MUD p

Universitas Negeri Malang. Program Studi Ekonomi dan Studi Pembangunan 2015
 

ABSTRAK


Mudhoffar, Wildan. 2015. Peran Program Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1). Dr. Sugeng Hadi U, M. Ec (2). Drs. Ir. Yohanes Hadi Susilo, S.Th., M.Div, M. E.

Kata Kunci : Corporate Social responsibility, Kesejahteraan


PTPN X (Persero) unit PG Gempolkrep adalah perusahaan BUMN yang sampai saat ini mengusai bidang produksi gula dan tembakau. Sebagai perusahaan besar yang berlokasi di tengah masyarakat, PG Gempolkrep mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk turut serta membangun masyarakat seiring dengan kemajuan dan keberlangsungan bisnisnya. Salah satu upaya tersebut terangkum dalam beragam kegiatan yang dikemas dalam program Corporate Social Responsibility (CSR). Sejauh ini, PG Gempolkrep telah menjalankan aktifitas CSR dalam bidang : kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dan pendidikan. Namun demikian tidak serta merta PG Gempolkrep telah selesai menuntaskan kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai perusahaan besar, karena dalam dunia CSR terdapat konsep triple bottom line menjadi rujukan utama dalam pelaksanaan aktifitas CSR.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi Corporate Social Responsibility PG Gempolkrep terhadap kesejahteraan masyarakat. Dalam penelitian ini, penulis meneliti program-program CSR PG Gempolkrep yang sudah berjalan dan dampak program CSR terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar pabrik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang memaparkan secara rinci mengenai potret/kondisi yang sebenarnya terjadi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi langsung dan studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program CSR yang telah dilaksanakan oleh PG Gempolkrep secara umum memiliki dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Meskipun ada beberapa program yang dinilai oleh masyarakat kurang bermanfaat dan hanya sebuah pencitraan perusahaan saja. Hal ini karena program CSR yang diberikan kurang bermanfaat dan dampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Berbagai fihak menyebutkan supaya program ini dilanjutkan di masa yang akan datang.


 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang