Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Imlementasi algoritma tabu search pada Vehicle Routing Problem with Double Time Windows (VRPDTW) / Ulfa Maulida Rahma

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : RS 518.1 RAH i

Universitas Negeri Malang. Program Studi Matematika 2015
 

ABSTRAK
Rahma, Ulfa Maulida. 2015. ImplementasiAlgoritma Tabu Search pada Vehicle Routing Problem with Double Time Windows (VRPDTW). Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Dra. Sapti Wahyuningsih, M.Si, Pembimbing (II): Lucky Tri Oktoviana, S.Si, M.Kom.
Kata Kunci : Vehicle Routing Problem (VRP), Algoritma Tabu Search, Vehicle Routing Problem with Double Time Windows (VRPDTW), metode Nearest Neighbour.

Dalam teori graph permasalahan optimasi rute kendaraan dikenal dengan Vehicle Routing Problem (VRP).Masalah Vehicle Routing merupakanpermasalahan menemukan rute optimum dari suatu pendistribusian barang dari satu atau beberapa depot ke sejumlah pelanggannya, yang mana diberikan beberapa batasan kendala.
Vehicle Routing Problem with Double Time Windows (VRPDTW) yaitu VRP dengan terdapat dua batasan time window yaitu [e_0 ,l_ol] dan[e_0 ,l_or]. Time window pertama yaitu [e_0 ,l_ol]merupakaninterval waktu yang digunakanuntuk persiapan dan loading di depot sedangkan time window kedua yaitu[e_0 ,l_or]merupakaninterval waktuyang digunakan untuk perjalanan kendaraan dari depot ke customer sampai kembali ke depot. Selain dua batasan waktu tersebut, VRPDTW juga memperhatikan kendala kapasitas kendaraan yang digunakan.
Untuk menyelesaikan VRPDTW, pada algoritma tabu search terdapat 3 tahapan penting yaitu tahap inisialisasi, tahap pengembangan, dan tahap pemilihan solusi terbaik. Pada tahap inisialisasi melibatkan metode nearest neighbouruntuk memperolah rute sementara serta algoritma penentuan kendaraan untuk menentukan rute ke kendaraan. Pada tahap pengembangan rute-rute yang diperoleh dari tahap inisialisai dieksplorasi lebih dalam dengan cara melakukan penukaran posisi antar titik. Solusi-sulusi sementara yang diperoleh dari tahap inisialisasi dan tahap pengembangan kemudian dimasukkan ke daftar solusi sementara (tabu list). Tahap pemilihan solusi terbaik merupakan tahap untuk memilih solusi optimum dari solusi-sulusi sementara yang terdapat dalam tabu list.
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan VRPDTW dengan menggunakan algoritma tabu search. Selanjutnya agar lebih mudah dalam menyelesaikan permasalahan VRPDTW dengan menggunakan algoritma tabu search, maka direpresentasikan dalam program komputer menggunakan Borlan Delphi 7.0. Dalam Skripsi ini telah diuji coba 15, 20, 30, dan 36 titik. Beberapa kelemahan dari program ini adalah untuk jumlah titik yang banyak membutuhkan waktu yang lama dalam pengisian tabel jarak titik dan tabel permintaan.

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang