Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Pengaruh Return on Equity (ROE), Earning per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) terhadap return saham pada perusahaan manufacture yang listing di BEI periode 2006-2008 / Fista Ayu Windyartha

-- (Read : 2 Times)
 


Kode Buku : Rs 332.6322 WIN p

Universitas Negeri Malang. Program Studi Akuntansi 2012
 

Kata Kunci: Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), dan Return Saham.
Dalam mengambil keputusan investasi, para investor membutuhkan informasi untuk menghasilkan return suatu perusahaan yang diinginkan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kinerja perusahaan yang baik yang dihitung menggunakan rasio keuangan. Rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini diambil lima faktor yang berpengaruh terhadap return saham yaitu Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Debt to Equity Ratio (DER), dan Current Ratio (CR). Return saham merupakan tingkat pengembalian yang diperoleh atas investasi saham. ROE mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba bagi perusahaannya dengan menggunakan seluruh modal sendiri (equity). EPS digunakan untuk menghitung laba perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham per lembar saham yang beredar. PER digunakan untuk mengukur antara harga saham dengan laba per lembar saham. DER mengukur perbandingan antara dana pemilik dengan dana yang disediakan oleh kreditor. CR menunjukkan kemampuan perusahaan dalam membayar utang lancar dengan aktiva lancar yang tersedia.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara ROE, EPS, PER, DER, dan CR, terhadap return saham. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufacture yang listing di BEI periode 2006-2008, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 36 perusahaan dengan teknik purposive sampling, di mana teknik pengumpulan datanya adalah dengan teknik dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil uji statistik regresi linear berganda menunjukkan bahwa secara parsial EPS, PER, DER berpengaruh signifikan terhadap return saham sedangkan ROE dan CR tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Secara simultan seluruh variabel bebas yaitu ROE, EPS, PER, DER, dan CR mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk penulisan selanjutnya dapat menambah variabel lain yang lebih potensial memberikan kontribusi terhadap perubahan variabel return saham. Disarankan juga untuk menambah periode observasi, dan jumlah sampel penelitian, misalnya untuk semua perusahaan yang go public di Bursa Efek Indonesia, sehingga hasilnya lebih mencerminkan keadaan pasar modal di Indonesia yang sesungguhnya.

 

Karya yang terkait

Analisa perbedaan volume perdagangan saham, return saham dan kinerja keuangan, pada perusahaan yang melakukan akuisisi di Bursa Efek Jakarta / oleh Irdiyatul Handayani

Perbedaan kinerja keuangan, tingkat kemahalan harga saham, return saham, dan likuiditas saham antara perusahaan yang melakukan stock split dan perusahaan yang tidak melakukan stock split (Studi pada perusahaan manufaktur yang lsiting di Bursa Efek Inonesia peride 2006-2

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang