Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Perancangan film animasi dua dimensi (2D) tentang legenda terjadinya telaga Ngebel di Kabupaten Ponorogo / Yuli Triyana

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : Rs 791.4334 TRI p

Universitas Negeri Malang. Program Studi Game Animasi 2011
 

Kata Kunci: Perancangan, Animasi, Legenda Telaga Ngebel


Legenda Terjadinya Telaga Ngebel di Kabupaten Ponorogo merupakan salah satu dari ribuan cerita rakyat yang berasal dari Kabupaten Ponorogo. Namun harta yang berharga milik bangsa Indonesia ini perlahan mulai menghilang seiring perkembangan zaman. Perancangan film animasi tentang Legenda Terjadinya Telaga Ngebel di Kabupaten Ponorogo ini berguna sebagai sebagai media hiburan yang bersifat mendidik bagi anak-anak usia 10-12 tahun. Selain itu, media ini juga dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan objek wisata Telaga Ngebel kepada masyarakat luar Ponorogo. Sehingga dapat menambah wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang ke Desa Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
Dalam proses perancangan film animasi tentang Legenda Terjadinya Telaga Ngebel ini melalui tiga tahap, yaitu (a) Pra Produksi, (b) Produksi, (c) Pasca Produksi. Sedangkan model perancangan yang digunakan adalah model prosedural, yang bersifat deskriptif, yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk (UM, 2010: 46).
Perancangan ini menghasilkan 3 media yaitu berupa film animasi dua dimensi (2D) sebagai media utama. Kemasan/packaging, mug, stiker, serta pin sebagai media pendukung, dan yang terakhir poster, brosur, x-baner sebagai media promosi.
Perancangan ini belum melewati tahap validasi dan uji coba. Untuk mengetahui keefektifan dan kelayakannya, disarankan untuk melakukan validasi dan uji coba terhadap film animasi ini terlebih dahulu.

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang