Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Pengaruh debt to equity ratio (DER), return on equity (ROE) dan earning per share (EPS) terhadap harga saham pada perusahaan real estate and property yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2006-2008 / Intan Fajar Setyawati

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : Rs 332.63222 SET p

Universitas Negeri Malang. Program Studi Akuntansi 2011
 

Kata Kunci: Debt to Equity Ratio, Return On Equity, Earning Per Share, Harga Saham


Keterbukaan informasi memegang peranan vital dalam aktivitas perdagangan saham karena informasi merupakan basis pengambilan keputusan bagi para investor. Salah satu informasi yang bisa digunakan investor dalam menilai suatu perusahaan adalah laporan keuangan. Sebelum membuat keputusan dalam berinvestasi saham, seorang investor perlu melakukan analisis terhadap laporan keuangan yang telah disajikan oleh perusahaan go public yang menjual sahamnya melalui pasar modal. Analisis terhadap laporan keuangan tersebut akan menghasilkan sebuah informasi mengenai kinerja perusahaan. Penilaian terhadap kinerja keuangan pada umumnya dilakukan dengan menggunakan analisis rasio keuangan. Dengan melakukan analisis terhadap rasio keuangan, maka investor dapat melakukan penilaian mengenai sejauh mana keberhasilan pihak manajemen dalam menjalankan perusahaan terutama dalam bidang keuangan. Semakin baik kinerja perusahaan maka akan menarik investor lebih banyak untuk berinvestasi di dalam perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham pada perusahaan real estate and property. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan real estate and property yang listing di BEI periode 2006-2008, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 30 perusahaan dengan menggunakan teknik purposive sampling, di mana teknik pengumpulan datanya adalah dengan teknik dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil uji statistik regresi linear berganda menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) berpengaruh signifikan terhadap harga saham.
Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya diharapkan (1) memperpanjang periode pengamatan, (2) memperluas sampel perusahaan, misalnya menggunakan seluruh perusahaan yang go public di Bursa Efek Indonesia, sehingga hasilnya lebih mencerminkan keadaan pasar modal di Indonesia yang sesungguhnya, dan (3) menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi harga saham selain Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS).

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang