Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Pengembangan model pembelajaran tematik berbasis membaca, menulis, dan berhitung kelas III sekolah dasar / Mohammad Ilyas

-- (Read : 5 Times)
 


Kode Buku : Rd 372.6599221 ILY p

Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia 2010
 

Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Membaca, Menulis, Berhitung.


Pembelajaran tematik berbasis membaca, menulis, dan berhitung merupakan tuntutan sekaligus sebagai solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi siswa kelas-kelas awal/khususnya kelas III sekolah dasar. Pola pikir siswa kelas III masih cenderung melihat/memandang segala sesuatu sebagai satu keutuhan. Namun, cara belajarnya sudah dipolakan terpisah-pisah. Ketidaksesuaian antara karakteristik berpikir siswa dengan cara belajarnya cenderung mengakibatkan kemampuan berpikirnya kurang dapat berkembang secara maksimal yang akhirnya dapat menyebabkan kegagalan studinya. Pembelajaran tematik berbasis membaca, menulis, dan berhitung terbukti sejalan dengan karakteristik berpikir siswa. Melalui pembelajaran tematik berbasis membaca, menulis, dan berhitung, siswa dapat memahami berbagai konsep mata pelajaran sebagai satu keutuhan makna dalam teks/tema.
Sejalan dengan masalah tersebut, tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan model pembelajaran tematik melalui kegiatan membaca, menulis, dan berhitung untuk kelas III sekolah dasar. Fokus pengembangan adalah (1) bahan pembelajaran tematik yang dilengkapi dengan (2) perencanaan pembelajaran (silabus dan RPP), (3) petunjuk guru.
Untuk memcapai tujuan tersebut digunakan desain model Reflective, Recursive Design and Development (R2D2). Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian, tahap desain dan pengembangan, tahap deseminasi. Uji produk penelitian pengembangan ini dilakukan dengan dua cara, yaitu uji coba produk dengan validasi teoretik dan validasi empirik, dan uji eksperimentasi. Validasi teoretik melibatkan para ahli dan praktisi. Para ahli terdiri atas: ahli teknologi pembelajaran, ahli pembelajaran tematik dan pembelajaran Bahasa Indonesia sekolah dasar, ahli pembelajaran bahasa, Ahli kesekolahdasaran, ahli pembelajaran Matematika sekolah dasar, ahli pembelajaran IPA, ahli pembelajaran IPS sekolah dasar, ahli pembelajaran PKn. Para praktisi yang dilibatkan terdiri atas para guru kelas III sekolah dasar dan siswa kelas III sekolah dasar. Validasi empirik dilakukan secara berulang sampai ditemukan produk yang memadai. Uji eksperimentasi produk dilakukan dengan teknik praeksperimen.
Data penelitian ini terdiri atas dua macam, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik (1) dokumentasi, (2) observasi, dan (3) tes/tugas. Data kualitatif terdiri atas: dokumen, catatan lapangan, dan saran/petunjuk para ahli. Data kualitatif tersebut dianalisis dengan teknik analisis domain dengan prinsip kritis, kreatif, dan reflektif. Data kuantitatif terdiri atas: data uji validitas dan reliabilitas butir soal, data uji kelompok terbatas, data uji lapangan, dan data uji efektivitas. Data kuantitatip tersebut dianalisis dengan metode statistik deskriptif untuk mengetahui persentase jawaban siswa, para ahli, dan guru. Data uji validitas dan reliabilitas butir soal terdiri atas: data butir soal uraian dan data butir soal pilihan ganda. Data butir soal uraian dianalisis dengan korelasi product moment dengan angka kasar melalui program SPSS 16.00 for windows. Data butir soal pilihan ganda dianalisis melalui program ĎAnatesí versi 4.0.2.Oktober 2003. Data uji lapangan dan uji efektivitas bahan pembelajaran dihitung dengan uji-t sampel berpasangan melalui program SPSS 16.00 for windows.
Hasil pengembangan ini adalah perangkat pembelajaran tematik untuk kelas III sekolah dasar dan deskripsi efektifitasnya. Perangkat pembelajaran tematik tersebut meliputi (1) Bahan Pembelajaran Tematik Berbasis Membaca, Menulis, dan Berhitung; (2) Perencanaa Pembelajaran yang terdiri dari silabus dan RPP; (3) Petunjuk Guru (4) Alat penilaian. Bahan Pembelajaran Tematik Berbasis Membaca, Menulis, dan Berhitung efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III sekolah dasar.
Bahan pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas bahan bacaan dan bahan pembelajaran menulis. Bahan bacaan terdiri atas: teks, alat tes. Hasil uji coba menunjukkan bahwa bahan pembelajaran yang dikembangkan layak untuk siswa kalas III sekolah dasar. Teks yang dikembangkan layak untuk bahan bacaan siswa. Alat tes pemahaman isi teks juga layak untuk siswa. Hasil validasi para ahli dan praktisi menunjukkan layak untuk siswa. Hasil uji lapangan menunjukkan efektif untuk pembelajaran siswa. Hasil eksperimen juga menunjukkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Hasil validasi silabus oleh para ahli menunjukkan layak. Hasil validasi guru kelas juga menyatakan mudah dipahami dan mudah dilaksanakan dalam pembelajaran kelas III sekolah dasar. Hasil validasi rencana pelaksanaan pembelajaran oleh para ahli menunjukkan layak dan guru kelas menyatakan mudah dipahami dan mudah dilaksanakan dalam pembelajaran kelas III sekolah dasar. Hasil validasi petunjuk guru pembelajaran tematik BMMB oleh para ahli menunjukkan layak dan guru kelas menyatakan mudah dipahami dan mudah dilaksanakan dalam pembelajaran kelas III sekolah dasar.
Hasil eksperimen menunjukkan bahwa produk pengembangan ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil analisis statistik keenam model menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara skor prates dengan skor postes. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tematik berbasis membaca, menulis, dan berhitung efektif digunakan dalam pembelajaran siswa kelas III sekolah dasar.

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang