Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Pembelajaran pecahan menggunakan media film animasi anteraktif berjudul Pizza pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri bertaraf internasional Tlogowaru / Septi Ariani

-- (Read : 8 Times)
 


Kode Buku : Rs 372.72044 ARI p

Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Matematika 2010
 

Kata Kunci: Pembelajaran pecahan, film animasi interaktif Pizza, hasil belajar, persepsi siswa dan guru.

Pecahan merupakan materi yang relatif sulit bagi siswa kelas III SD karena materi ini merupakan konsep abstrak yang baru mereka pelajari. Hal ini juga dirasakan oleh siswa SBI Tlogowaru. Oleh karena itu, diperlukan usaha untuk membantu siswa dalam mempelajari pecahan. Salah satu upaya telah dilakukan oleh mahasiswa pengembang media pembelajaran matematika dengan mengembangkan film animasi interaktif berjudul Pizza sebagai media pembelajaran pecahan. Namun, media ini belum pernah diaplikasikan pada pembelajaran di kelas secara riil.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran, hasil belajar, serta persepsi siswa dan guru pada pembelajaran pecahan menggunakan media film Pizza. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SBI Tlogowaru dengan subjek penelitian siswa dan guru kelas IIIB. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi kegiatan siswa dan guru, kuesioner persepsi guru, pedoman wawancara siswa dan guru, serta soal subjektif.
Langkah pembelajaran yang dilakukan meliputi 3 tahap, yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran telah terlaksana dengan baik dan mampu membuat siswa aktif serta antusias mengikuti pembelajaran. Hasil belajar siswa dalam ranah kognitif rata-rata baik, begitu juga dalam ranah afektif, siswa mampu bekerja sama, bertanggung jawab, serta menaruh perhatian yang cukup pada pembelajaran. Persepsi siswa terhadap pembelajaran dan media pembelajaran positif, begitu juga persepsi guru. Mereka menganggap bahwa kegiatan pembelajaran menarik dan dapat membuat siswa memahami pecahan dengan baik.
Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah guru diharapkan dapat memanfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran, serta peneliti selanjutnya dapat meneliti efektivitas berbagai media pembelajaran yang telah dikembangkan oleh pengembang media, termasuk film animasi interaktif Pizza.

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang