Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Peningkatan kemampuan siswa memahami teks bacaan bahasa Indonesia melalui penggunaan media gambar di kelas II SDNU Bangil Kabupaten Pasuruan / Faridah

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : Rs 372.412 FAR p

Universitas Negeri Malang. Program Studi PGSD 2009
 

ABSTRAK
Faridah, 2009. Peningkatan Kemampuan Siswa Memahami Teks Bacaan Bahasa Indonesia melalui penggunaan media gambar di Kelas II SDNU Bangil Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Pembimbing (1) Drs .H Rumidjan, M.Pd, Pembimbing (2) Drs. Sumanto, M.Pd.

Kata kunci: kemampuan, memahami, teks bacaan, media gambar, Sekolah Dasar.

Menurut data dari guru, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata kelas pada pembelajaran membaca memahami bacaan masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang skornya adalah 70, dimana nilai rata-rata yang diperoleh di kelas tersebut adalah 60. Dari hasil kegiatan observasi dan wawancara pada guru Kelas II SDNU Bangil Pasuruan yang dilakukan oleh peneliti, tampak bahwa pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada aspek membaca dengan materi pokok teks pendek di SDNU Bangil Pasuruan, siswa kurang mampu memahami teks bacaan yang disampaikan. Dari hasil identifikasi masalah di atas, perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa pada materi pokok teks pendek yang dibelajarkan.
Dalam proses belajar-mengajar, guru masih sangat jarang menggunakan media pembelajaran berupa gambar, khususnya media gambar diam. Untuk pembelajaran teks pendek, guru menjadi sumber belajar tunggal, siswa merasa jenuh dengan pembelajaran yang bersifat klasikal monoton tanpa ada media yang membuat siswa minimal tertarik untuk tahu kemudian bagaimana belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca teks bacaan dengan menggunakan media gambar diam di Kelas II SDNU Bangil Pasuruan, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa memahami teks bacaan dengan digunakannya media gambar diam di Kelas II SDNU Bangil Pasuruan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa memahami teks bacaan bahasa Indonesia melalui penggunaan media gambar di Kelas II SDNU Bangil Pasuruan. Subjek penelitian adalah siswa Kelas II SDNU Bangil Pasuruan yang berjumlah 38 siswa. Pelaksanaan PTK ini terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, tes keaktifan siswa dan kemampuan guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Teknik analisis data yang digunakan adalah aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan kemampuan siswa memahami teks bacaan.
Kemampuan awal siswa memahami teks bacaan memiliki rata-rata 64,21. Setelah diberikan tindakan siklus I, rata-rata kemampuan siswa memahami teks bacaan menjadi 72,37. Dari hasil pelaksanaan siklus I, terjadi peningkatan rata-rata 8,16. Dari hasil pelaksanaan siklus II, rata-rata kemampuan siswa memahami teks bacaan meningkat menjadi 81,32. Peningkatan skor rata-rata dari siklus I ke siklus II adalah 8,89. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca memahami teks bacaan dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami teks bacaan. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan rata-rata yang diperoleh, antara lain: (1) Sebelum tindakan, nilai rata-rata siswa adalah 64,21; (2) Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, kemampuan siswa membaca memahami teks bacaan mengalami peningkatan rata-rata 72,37 dengan persentase 12,71%; (3) Selanjutnya dilakukan tindakan siklus II, rata-rata kemampuan membaca teks bacaan pada siswa menjadi 81,32 dengan persentase kenaikan 12,37%.
Saran yang diberikan kepada guru, peneliti lanjut, bagi lembaga dan Kepala Sekolah adalah: (1) pengembangan penerapan memahami teks bacaan pada materi lain, (2) pembuatan RPP dan melakukan pengelolaan kelas yang baik, (3) penerapan membaca memahami teks bacaan dengan menggunakan gambar perlu dikembangkan lebih lanjut dan lebih bervariasi, (4) dapat dijadikan sebagai dasar dalam penelitian lebih lanjut, (5) sebagai bahan acuan dalam pengembangan penelitan (6) sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang