Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Penerapan model discovery nelalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Bareng 5 Kecamatan Klojen Kota Malang / Samsudin Rumateor

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : Rs 372.35044 RUM p

Universitas Negeri Malang. Program Studi S1 PGSD 2009
 

ABSTRAK

Rumateor Samsudin. 2009. Penerapan Model Discovery Melalui Model Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Bareng 5 Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Musa Sukardi, M.Pd, (II) Drs. Sjafruddin, A. R, M.Pd.

Kata Kunci: Pembelajarn IPA, Model Discovery, Metode Eksperimen, Hasil Belajar.

Komponen-komponen Pembelajaran mempunyai beberapa komponen yang mempengaruhi untuk meningkatkan hasil belajar, salah satunya adalah model. Dari berbagai macam model terdapat salah satu model yang membawa siswa dalam pengalaman langsung yaitu discovery (penemuan). Dalam model penemuan terdapat kegiatan eksperimen yang membuktikan penemuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery melalui metode eksperimen. Dari observasi awal telah ditemukan: a) nilai pretes kurang dari standar ketuntasan individu maupun klasikal. b) pembelajaran cenderung berpusat kepada guru. c) model pembelajaran masih bersifat informatif.
Pelaksanaan penelitian SDN Bareng 5 Kecamatan Klojen Kota Malang pad siswa kelas IV. Waktu pelaksanaan mulai tanggal 01 Desember sampai 09 Desember 2009. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan pendekatan kualitatif.
Dari hasil penelitian pada siklus I terdapat 10 siswa yang tuntas proses penerapan model discovery melalui metode eksperimen dan tuntas keterampilan proses. Selanjutnya terjadi peningkatan pada siklus II sebanyak 17 siswa yang tuntas pada proses penerapan model discovery melalui metode eksperimen dan keterampilan proses IPA. Demikian juga pada hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan. Dimana nilai pretes terdapat 6 siswa yang tuntas meningkat menjadi 10 siswa yang tuntas pada siklus I, namun belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Peningkatan terjadi pada siklus II dimana 17 siswa yang tuntas. Dari hasil tersebut siswa dapat dikatakan pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda melalui penerapan model discovery melalui metode eksperimen tuntas secara individu maupun klasikal. Tetapi perlu perbaikan terhadap salah satu siswa.
Dari hasil penelitian yang diperoleh maka disarankan: bagi guru, perlu memberikan motivasi selama pembelajaran dengan menggunakan model discovery melalui eksperimen; penjelasan kegiatan model discovery melalui model eksperimen dalam pembelajaran secara rinci, hendaknya peneliti menguasai model discovery melalui model eksperimen dengan sempurna. Bagi siswa perlu melakukan eksperimen untuk membuktikan suatu pernyataan atau teori. Bagi pimpinan sekolah perlu menyediakan sumber dan fasiliatas belajar sesuai dengan model discovery melalui eksperimen.

 

Karya yang terkait

Pengaruh sistem tutor sebaya terhadap prestasi belajar
matematika pada siswa kelas V SDN Kiduldalem I Kecamatan
Klojen Kota Malang / oleh Setiyanda Usman Hadi


Hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar
siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pisangcandi VII
Kecamatan Sukun Kota Malang / oleh Uji Hidayati


Pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar
siswa dalam pelajaran matematika di SDN Kauman I Kec.
Klojen Kota Malang / oleh Eny Budiastuti

Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar
matematika siswa kelas V SDN Mulyorejo I Kec. Sukun Malang / oleh Nunuk Iswahyuni


 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang