Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Pengaruh earning per share (EPS), book value (BV), dan economic value added (EVA) terhadap harga saham di Bursa Efek Indonesia (studi pada perusahaan property dan real estate yang listing di BEI periode tahun 2004-2006) / Fardani Aprilia Putri

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : Rs 332.63222 PUT p

Skripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Jurusan Manajemen Konsentrasi Manajemen Keuangan 2009
 

Earning Per Share (EPS) adalah rasio yang menunjukkan berapa besar keuntungan (return) yang diperoleh investor atau pemegang saham perlembar saham. Book Value (BV) per lembar saham menunjukkan aktiva bersih yang dimiliki oleh pemegang saham dengan memiliki satu lembar saham. Economic Value Added (EVA) adalah suatu perangkat untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memberikan nilai tambah sebagai hasil dari transaksi laba operasi bersih setelah pajak (Net Operating Profit After Tax) atas biaya modal yang digunakan. Harga saham adalah harga atau nilai nominal yang merupakan nilai intrinsic dari suatu saham dan harga terakhir yang dilaporkan saat sekuritas terjual di bursa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Earning Per Share (EPS), Book Value (BV), dan Economic Value Added (EVA) terhadap harga saham Perusahaan Property dan Real Estate yang Listing di BEI. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan atau pengaruh antara dua variabel atau lebih. Populasi yang digunakan adalah perusahaan Property dan Real Estate yang masuk atau listing di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2004-2006 sebanyak 38, dimana dari populasi tersebut dipilih sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria, terpilih 10 perusahaan Property dan Real Estate yang dijadikan sampel. Teknis analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda, pengujian hipotesis dan uji koefisien determinasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya Book Value (BV) yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham, untuk variabel Earning Per Share (EPS) dan nilai Economic Value Added (EVA) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan secara simultan Earning Per Share (EPS), Book Value (BV), dan Economic Value Added (EVA) terbukti berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah (1) bagi investor hendakanya memperhatikan rasio EPS, BV, dan EVA, serta harga sahamnya dengan mencari informasi sebelum melakukan investasi pada pembelian saham suatu perusahaan, (2) bagi emiten berusaha meningkatkan kinerja perusahaannya khususnya nilai EPS, BV, dan EVA seoptimal mungkin, (3) bagi kalangan akademis hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai tambahan referensi (4) bagi peneliti selanjutnya sebaiknya mengembangkan variabel kinerja keuangan terhadap harga saham dengan menambah rasio lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini seperti Total Assets Turnover, MVA, DER, ROA dan lain sebagainya agar mendapat hasil yang lebih akurat.

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang