Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Pengaruh sustainabilitas dividend payout ratio (SDPR), sustainabilitas dividend yield (SDY), dan sustainabilitas dividend per share (SDPS) terhadap harga saham pada sektor industri keuangan yang melakukan initial dividend listing di bursa efek Indonesia periode 2000-200

-- (Read : 2 Times)
 


Kode Buku : Rs 332.63222 LUT p

Skripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Manajemen Keuangan 2009
 

Penetapan payout atau besarnya dividen pertama yang akan diditribusikan kepada para pemegang saham (initial dividend payout) merupakan masalah krusial pertama yang dihadapi oleh manajer perusahaan ketika dihadapkan pada masalah pengambilan keputusan tentang inisiasi dividen. Jumlah yang ditetapkan sebagai dividend payout pertama akan menentukan besarnya dividen reguler periode berikutnya dengan anggapan bahwa manajer memiliki preferensi untuk mempertahankan konsistensi atau stabilitas dividen reguler selanjutnya. Manajer akan bersedia membayar dengan payout yang tinggi untuk dividen pertama jika ia menyakini bahwa profitabilitas perusahaan mendukung guna mempertahankan payout tersebut. Sebaliknya perusahaan dengan prospek kinerja yang lemah akan menghindari payout pertama tinggi karena memiliki risiko yang lebih besar untuk tidak bisa dipertahankan (unsustainable) pada periode selanjutnya yang akan menghasilkan negative information content yang bisa merusak reputasi manajer di mata investor dan berdampak pada penurunan harga saham sebagai nilai dari perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sustainabilitas DPR, sustainabilitas DY, sustainabilitas DPS terhadap harga saham.

Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, didapatkan 10 perusahaan listing di BEI sektor industri keuangan yang go public serta melakukan inisial dividen dan selama 3 tahun konsisten menbagikan dividen pasca inisial dividen pada tahun 2000-2007. Uji statistik parametric test yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan secara parsial SDPR tidak ada pengaruh terhadap harga saham. Sedangkan SDY berpengaruh negatif dan SDPS berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham. Secara serentak SDPR, SDY, dan SDPS berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat dikemukakan oleh peneliti untuk perusahaan agar tidak membagikan dividen pertama terlalu tinggi (overpaid), untuk tahun selanjutnya pasca inisial dengan mempertahankan dividend payout secara kredibel dan memperhatikan kinerja perusahaan tiap tahunnya agar bekerja lebih baik yang nantinya dapat meningkatkan value of firm.

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang