Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Pengembangan variasi latihan sepak sila dalam permainan sepak takraw di Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Didik Purwanto

-- (Read : 3 Times)
 


Kode Buku : Rs 796.3307 DID p

Skripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Jasmani 2007
 

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan variasi latihan sepak sila di Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, yang dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan latihan sepak sila.
Prosedur pengembangan variasi latihan sepak sila ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall, yang terdiri dari 10 langkah. Dari 10 langkah yang dikemukakan, digunakan tujuh tahap yang dimodifikasi oleh peneliti dengan pertimbangan waktu, tenaga, dan biaya yang terbatas. Adapun langkah-langkah pengembangan dari peneliti adalah (1) mengumpulkan data informasi termasuk kajian pustaka dan analisis kebutuhan, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli pembelajaran dan 2 ahli sepak takraw, (4) uji coba kelompok kecil dan revisi produk pertama, (5) uji coba lapangan dengan mengujicobakan hasil revisi produk pertama (kelompok besar), (6) revisi produk akhir (sesuai dengan saran-saran dari hasil uji lapangan), dan (7) hasil akhir produk pengembangan variasi latihan sepak sila dalam permainan sepak takraw di JIK FIP UM.
Lokasi penelitian adalah di Universitas Negeri Malang. Subjek uji coba terdiri dari (1) tinjauan ahli, terdiri dari 3 ahli yaitu 2 ahli sepak takraw dan 1 ahli pembelajaran, (2) uji coba kelompok kecil adalah mahasiswa JIK angkatan 2003 dan 2004 sebanyak enam mahasiswa dengan menggunakan sample random, dan (3) uji kelompok besar adalah mahasiswa JIK angkatan 2003 dan 2004 sebanyak 17 mahasiswa.
Dari pengembangan dan prosedur yang dilakukan di atas, diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan variasi latihan sepak sila dapat digunakan dan dapat dipraktekkan oleh mahasiswa JIK FIP UM. Hal ini dibuktikan dari hasil yang sudah memenuhi kriteria digunakan yaitu ahli sepak takraw diperoleh 71,62%, ahli pembelajaran diperoleh 75%, mahasiswa kelompok kecil diperoleh 77,01%, dan mahasiswa kelompok besar diperoleh 78,7%.
Untuk perbaikan pengembangan variasi latihan sepak sila dalam permainan sepak takraw ini disarankan adanya tindak lanjut oleh peneliti lain dengan kancah yang lebih luas. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada pengembangan ini, sehingga hasil pengembangan ini dapat dimanfaatkan dengan baik.

 

Karya yang terkait

Perbedaan pengaruh penggunaan metode latihan berpola dan metode latihan bermain terhadap peningkatan ketrampilan teknik dasar bermain sepak takraw siswa putra kelas II semester IV SMP Muhammadiyah 10 Kecamatan Dau Kabupaten Malang pada tahun ajaran 1991/1

Evaluasi pelaksanaan program kerja tahunan induk organisasi Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PSTI) KONI Kota Malang tahun 2012 / Danny Aditya Febrianto

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang