Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang - UM Digital Repository - UM Institusional Repository
 

Pencarian » Abstrak

 

KARYA ILMIAH - SKRIPSI

 


Psikososial perempuan akibat kekerasan dalam pacaran (KDP) di Kota Malang / Etik Puspitasari

-- (Read : 1 Times)
 


Kode Buku : Rs 362.28 PUS p

Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Sosiologi 2020
 

 
ABSTRAK
 
Puspitasari, Etik. 2020. Psikososial Perempuan Akibat Kekerasan dalam Pacaran (KDP) di Kota Malang, Skripsi, Jurusan Sosiologi, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Anggaunitakiranantika, S.Sos., M.Sosio,
 
Hubungan antara laki-laki dengan perempuan dengan saling menyukai tanpa adanya ikatan pernikahan pada umumnya disebut dengan “pacaran”. Dengan dalih menjaga cintanya atau mengatas namakan cinta tindakan kekerasan dalam pacaran (KDP) dapat terjadi. Laki-laki maupun dapat menjadi korban kekerasan dalam pacaran (KDP) apa bila tidak dapat menjaga diri dan membatasi diri saat menjalin hubungan pacaran. Secara mental dan fisik pada umumnya perempuan lebih lemah dari laki-laki sehingga perempuan kerap menjadi korban kekerasan dalam pacaran.
 
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada 3 universitas yang ada di Kota Malang diantaranya Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Informan ditentukan dengan teknik snowball. Analisis data pada penelitian ini adalah interaktif dan analisis gender yaitu dengan menentukan pola dari data yang telah terkumpul dari berbagai sumber yang kemudian ditela’ah menggunakan teori sosial, serta analisis gender mengunakan 5 kriteria analisis gender. Adapun keabsahan data penelitian diperiksa dengan perpanjangan keikutsertaan peneliti serta teknik triangulasi sumber, metode, dan teori.
 
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa perempuan yang menjadi korban kekerasan dalam pacaran (KDP) akan mengalami trauma yang mana dapat berakibat psikososial atau perilaku perempuan tersebut dalam berinteraksi sosial dengan masyarakat di lingkungannya akan mengalami gangguan. Berbagai bentuk trauma yang dialami diantaranya rasa ketakutan, sedih, was-was, marah, emosional tidak stabil, nyeri pada bagian tubuh tertentu, dan kehilangan rasa menyayangi. Adapun tindakan yang dilakukan oleh para korban pada saat seketika terjadi tindakan kekerasan adalah berdiam diri serta menangis karena takut da nada juga yang melawan pelaku dengan menampar dan memukul pelaku. Hasil temuan ini dianalisis dengan Teori Behavioral Skinner yang mana menempatkan psikologi (perilaku) kedalam sosiologi (interaksi sosial) yang lebih menempatkan perhatiannya pada perubahan perilaku pada aktor yang dihasilkan dari suatu pengalaman aktor. Sehingga dengan Teori Behavioral ini perilaku dari para korban dapat dianalisis dengan ilmu psikologi sekaligus sosiologi dan dapat membantu korban dalam menemukan cara mengatasi traumanya juga membantu korban untuk dapat kembali berinteraksi sosial dengan baik.
 
Kata kunci: psikososial, perempuan, kekerasan, pacaran.
 

 

Karya yang terkait

 

back to top

Copyright (C) 2009 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang